Lokasi Gunung Singgalang : Wisata Alam Nan Eksotis!

loading...
Lokasi Gunung Singgalang - Hei kamu... iya kamu siapa lagi... apakah kamu suka wisata alam yang menawarkan pemandangan alam yang sangat indah nak eksotis? jika iya, kamu berada di artikel yang tepat karena hari ini saya sedang berbaik hati ingin share informasi rute lokasi gunung singgalang.

Gunung yang berada di Sumatera Barat ini ternyata memiliki pesona alam yang sangat menakjubkan, awal tahun kemarin gunung ini menjelma menjadi spot wisata baru yang menjadi perburuan para wisatawan yang menyukai wisata alam.

tentu bukan tanpa alasan, disini kamu bisa menemukan beragam tumbuhan yang sangat menarik. aku enggak sebutin apa saja tumbuhan itu biar kamu penasaran wueee.. sedangkan dikaki gunung singgalang banyak ditemukan sumber mata air dan sungai-sungai yang snagat jernih, terutama di malalak.

memiliki ketinggian 2877 MDPL gunung ini termasuk dalam gunung vulkanis yang sudah tidak aktif lagi, gunung ini sangat lembab karena menyimpan kandunganair yang cukup tinggi. pada ketinggian 2765 MDPL kamu bisa menemukan 2 buah telaga yang masing-masing bernama Telaga Dewi dan Telaga Kumbang. karena pemandangan inilah yang emnjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang penasaran dengan keindahan spot gunung singgalang.
Lokasi Gunung Singgalang

Lokasi Gunung Singgalang


Gunung Singgalang tepatnya berada di Kecamatan IV Koto, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. untuk menuju puncak dari gunung ini harus dengan jalur pendakian, ada beberapa titik jalur yang tersedia seperti Jalur Balingka, Jalur Koto Baru, dan Jalur Toboh. tetapi yang paling sering digunakan adalah Jalur Koto Baru.

jika kamu pernah melihat gunung Merbabu di Pulau Jawa maka gunung Singgalang ini memiliki bentuk hampir sama persis dengan gunung merbabu tersebut. sedangkan keistimewaan dari Gunugn ini adalah memiliki hutan Dipterokarp bukit, hutan Montane, dan hutan Ericaceous.

Hutan Lumut Singgalang

sebenarnya, hutan lumut ini termasuk dalam hutan Ericaceous atau hutan gunung yang memiliki ketinggian melebihi 1500m dan dipenuhi dengan kelembapan yang sangat tinggi. maka dari itulah banyak lumut tumbuh subur disini.
Hutan Lumut Gunung Singgalang
Hutan Lumut Gunung Singgalang

hutan lumut ini adalah salah satu spot utama yang di tuju oleh para pendaki karena memiliki pemandagan yang sangat adem bin ayem. lumut tumbuh subur di tanah, batu, dan batang-batang pohon. pokoknya hampir semua benda ditumbuhi oleh lumut. tidak hanya itu saja ketika kamu berada disini akan merasakan sensasi seperti berada di dunia lain seperti dunia peri atau kurcaci.
Hutan Lumut Gunung Singgalang
Hutan Lumut Gunung Singgalang

sangat lembab, hijau, indah, dan dingin itulah kesan pertama yang akan kamu rasakan jika berada disini. hutan ini mudah ditemukan karena masih berada di jalur lokasi Telaga Dewi dan Jalur Menuju Puncak.

Rute Jalan Menuju Gunung Singgalang

cukup mudah untuk menjangkau gunung ini karena masih berada di kawasan wisata Bukit Tinggi dan Padang Panjang, jadi saya umpamakan kamu berada di kota padang kamu bisa naik bus menuju Bukittinggi dengan waktu sekitar 2 jam.

setelah itu, dari bukittinggi kamu menuju padang-panjang bisa menggunakan angkutan bus dengan waktu 20 menit. turun di Koto Baru dan melanjutkan ke Pandai Sikek.

ketika kamu berada di Desa Pandai Sikek kamu bisa menemukan lokasi yang masih asri dan tradisional. disini banyak souvenir yang bisa kamu bawa pulang ke rumah dan juga ada perkebunan tebu yang sangat luas. disini kamu juga bisa melihat proses pembuatan gula merah dengan menggunakan alat yang masih sederhana.
Telaga dewi Lokasi Gunung Singgalang
Telaga Dewi Gunung Singgalang

ketika sudah sampai di Stasiun pemancar Televisi kamu bisa bersitirahat sekaligus menikmati pemandangan gunung singgalang. sekaligus sebagai titik awal sebagai jalur pendakian disini kamu tidak dipungut biaya untuk mendaki yang kamu butuhkan hanyalah ijin dari petugas setempat.

Tips Mendaki

sebaiknya jangan mendaki jika waktu sudah menunjukan pukul 13.00 waktu setempat karena pendakian memerlukan waktu 3 jam menuju Bivak I. maka kamu bisa terjebak di gulita malam. jika kamu ingin menuju ke Bivak II sebaiknya lakukan pendakian pada pagi hari pukul 09:00.

dari Bivak II, jika berangkat santai kamu akan sampai ke Cadas pada pukul 13.00 saat menuju cadas ini kamu akan menemui telaga dewi dan telaga kumbang. okay, selamat berwisata!
loading...

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Lokasi Gunung Singgalang : Wisata Alam Nan Eksotis!"

Posting Komentar