Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
Harga Tiket Masuk Dan Rute Lokasi Air Terjun Sri Gethuk Gunung Kidul Jogjakarta

Harga Tiket Masuk Dan Rute Lokasi Air Terjun Sri Gethuk Gunung Kidul Jogjakarta

Rute Lokasi Air Terjun Sri Gethuk Gunung Kidul Jogjakarta sering sekali menjadi bahan perbincangan di sosial media guys dan juga tersebar kabar bahwa panorama alam di wisata air terjun sri gethuk ini bak pesona surga dunia yang keren abis, nah dari pada kita di buat penasaran dengan air terjun sri gethuk ini mending kita bahas bersama saja yuk guys.


Air Terjun Sri Gethuk Gunung Kidul Jogjakarta



Lokasi Air Terjun Sri Gethuk Gunung Kidul Jogjakarta


Air terjun sri gethuk salah satu spot wisata di daerah gunung kidul jogjakarta yang mana di keindahan alamnya masih sangat terawat dan asri, perlu kamu tahu air terjun sri gethuk dengan tinggi 50 meter ini berasal dari 3 mata air loh guys yang pertama mata air ngandong, dong poh, dan ngumbul yang kemudian mengalir ke sungai oya.

Oyaa menurut cerita yang beredar katanya sungai oya ini tidak pernah surut ataupun mengalami kekeringan debit air di sungai oya tetap sama, jika kamu penasaran kamu bisa saksikan sendiri gimana rupa air terjun sri gethuk ini dan mandi di sana pun juga boleh kok hehe...

Nah untuk nama air terjun ini sebenarnya mempunyai 2 nama loh yang pertama air terjun sri gethuk dan air terjun slempret, nama ini sangat berkaitan dengan mitos atau cerita masyarakat sekitar yang katanya terdapat raja jin anggo meduro yang sangat menyukai musik tradisional jawa gamelan dan di air terjun inilah dia menyimpan alat musik tersebut.


Lokasi Air Terjun Sri Gethuk Gunung Kidul Jogjakarta


Menurut masyarakat sekitar pada waktu tertentu akan terdengar suara gamelan dan jika di dekati suara tersebut akan menghilang nah dari alunan suara tersebut suara kethuk (semacam gong berukuran kecil) dan slompret (alat musik semacam terompet) merupakan paling dominan dari alat musik lain, nah dari situlah air terjun ini di namakan air terjun sri kethuk yang berubah pengucapan menjadi sri gethuk dan slempret.

Terlepas dari cerita masyarakat sekitar suasana di air terjun sri gethuk ini memang memukau dengan alam sekitar yang asri khas pedesaan dan udaranya yang segar memang tidak salah sri gethuk di jadikan referensi berlibur kamu guys apalagi spot ini jauh dari kebisingan maka sempurna buat kamu yang ingin menenangkan diri sekaligus bermain air.


Lokasi Air Terjun Sri Gethuk Gunung Kidul Jogjakarta



Lokasi Air Terjun Sri Gethuk Gunung Kidul Jogjakarta


Jika kita lihat sekilas mungkin air terjun ini mirip dengan salah satu spot wisata air terjun di bali yaitu air terjun kanto lampo yang terlihat sama dengan aliran airnya yang bercabang - cabang, nah jika kamu ingin berkunjung ke air terjun sri gethuk ini kamu bisa berkunjung ke alamat Dusun Menggoran, Desa Wisata Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunung Kidul, Jogjakarta. kamu bisa berkunjung menggunakan alamat di atas dan untuk rute menuju lokasi kamu bisa baca di bawah guys.

Untuk menuju air terjunnya masih cukup jauh guys dan kamu di sediakan 2 pilihan, yang pertama dengan tracking melewati jalanan yang di apit oleh sawah sejauh 450 meter dan yang kedua menggunakan rakit sederhana yang menyusuri sungai oyo dengan biaya Rp. 10.000 pulang pergi.


Rute Lokasi Air Terjun Sri Gethuk Gunung Kidul Jogjakarta



Nah bagi kamu yang ingin berkunjung kamu bisa gunakan rute berikut sebagai referensi, rute kita mulai kota jogja dan jarak tempuh dari jogja sekitar 42 kilometer waktu tempuh kira - kira 1 - 1,5 jam perjalanan pertama kamu bisa menggunakan Jalan Ring Road Timur jogjakarta dan melewati Jalan Nasional yang menuju Wonosari sampai melewati Pathuk hingga menuju pertigaan gading lalu belok kanan menuju playen..

Sesampai kamu di playen belok ke kanan yang menuju kecamatan palihan jika sudah sampai di pertigaan palihan beloklah ke kanan dan kamu akan menjumpai papan petunjuk menuju air terjun sri gethuk ikuti saja petunjuknya. Kondisi jalan di bleberan masih bervariasi ada jalan beraspal dan juga jalan makadam atau jalan bebatuan dengan kerikil pasir.

Nah jika kamu bingung kamu bisa gunakan peta di smartphone kamu guys karena lokasi air terjun sri gethuk sudah tercantum di peta kok.


Peta Lokasi Air Terjun Sri Gethuk Gunung Kidul Jogjakarta



Supaya kamu tambah paham kamu bisa gunakan peta guys,




Harga Tiket Masuk Air Terjun Sri Gethuk Gunung Kidul Jogjakarta



Harga Tiket Masuk Air Terjun Sri Gethuk Gunung Kidul Jogjakarta


Nah akhirnya kita berbicara mengenai kantong guys alias harga tiket masuknya, supaya kamu bisa menikmati pasona air terjun sri gethuk ini kamu harus membayar Rp. 10.000 harga tersebut sudah sekaligus masuk ke goa rancang kencono, namun jika kamu ingin menikmati wahana lain kamu harus menyiapkan uang lebih guys. kamu juga bisa memilih paket wisata lengkap dengan membayar Rp. 30.000 sekaligus pemandunya lumayan kan guys.

Jadi kapan ke Air Terjun Sri Gethuk Gunung Kidul Jogjakarta?

Open Comments

Posting Komentar untuk "Harga Tiket Masuk Dan Rute Lokasi Air Terjun Sri Gethuk Gunung Kidul Jogjakarta"